BLANTERORBITv102

    DUNIA ANOMALI

    Sabtu, 21 Agustus 2021

    Penulis: Muhammad Yusuf

    Prolog

    Sabtu, 21 Agustus 2021 kami mengikuti satu diskusi bertajuk: "Hijrah dan Anomali Sosial Menuju New Sosial" yang diselenggarakan oleh DPP IMMIM dengan menghadirkan dua narasumber brillian, yaitu Prof. Dr. H.M Quraish Shihab dan Prof. Dr. H. Tahir Kasnawi. Mereka mengupasnya dengan pisau analisis yang berbeda. Prof. Quraish Shihab melakukan analisis dari perspektif Islam. Sedangkan Prof. Tahir Kasnawi melihatnya dari kacamata sosiologi. Khulashah (simpulan) - setelah diskusi berakhir - dishare oleh Sekjen DPP IMMIM melalui Grup Muballigh IMMIM kemudian dikomentari oleh Dr. H. Barsihannoor yang menambah wawasan para muballigh, tentunya.

    Anomali sosial dipinjam untuk menjelaskan fenomena sosial. Dunia anomali atau disebut pula sebagai penyimpangan perilaku itu terjadi karena banyak kemungkinan. 

    Dan, catatan ini saya buat  juga sebagai respon saya terhadap tulisan seorang cendikiawan muslim tanah air, Haedar Nashir.

    Beliau memulai analisisnya dengan merujuk kepada riwayat (hadis). Suatu saat di zaman Nabi. Beberapa orang datang menemui Rasulullah. Mereka berkata, “Wahai Rasulullah, seseorang rajin salat, puasa, dan mengeluarkan zakat, tetapi ia juga sering berbuat jahat terhadap tetangganya.” Nabi menjawab, “Dia penghuni neraka.” Sebaliknya, terdapat seorang yang salat, puasa, dan zakatnya biasa saja, tetapi tidak pernah berbuat jahat terhadap tetangganya. Kemudian Rasulullah bersabda, “Dia penghuni surga.”

    Paradoks

    Beliau menilai, sungguh ironi. Bagaimana mungkin ada Muslim yang rajin beribadah, menyuarakan tauhid, taat salat wajib dan sunah, puasa Senin-Kamis dan Daud Muharram,s hari putih, selain shaum wajib, gemar berbagi rezeki, hafal ayat-ayat Alquran, paham Islam, dan sehari-hari hidup dalam gemerlap ritual keislaman, tetapi perangainya buruk dalam kata dan ujaran, pemarah, penghujat, penyebar kebencian, serta bertindak onar dan keburukan terhadap sesama? Sedangkan, mereka yang beragama biasa saja menampilkan perangai yang luhur terhadap sesama. Akan tetapi, fakta itu terjadi.

    Kisah dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan al-Hakim itu tampak paradoks dan rasanya secara lahir sulit dipahami terjadi dalam diri seseorang yang taat beragama. Sosok-sosok yang di mata publik begitu berkemilau dalam atribut keagamaan, ujaran dan tindakannya jauh dar panggang api.

    Di dunia yang fana ini, segala perilaku anak cucu Adam hadir dalam ragam yang kompleks. Segala peristiwa terjadi dari yang dapat dipahami sampai mengandung sejuta rahasia. Allah Yang Maha Pencipta bahkan menyebut dunia sebagai penuh permainan (mata' al-ghurur). Jadi, dalam konteks itu, paradoks pun bagian dari dunia, bak panggung sandiwara itu. Para sosiolog menyebut dunia paradoks itu sebagai “anomali”, sesuatu yang menyimpang dari kelaziman.

    Dramaturgi & Tuna Nilai-Nilai

    Dunia anomali atau penyimpangan perilaku terjadi karena banyak kemungkinan. Dalam diri subjek, nilai-nilai yang baik sekadar menjadi norma verbal, tidak mengalami internalisasi. Artinya, nilai-nilai baik itu tidak tertanam dalam jiwa dan pikiran untuk menghasilkan tindakan yang selaras.

    Sekadar berhenti di tingkat kognisi dan lisan belaka. Dalam teori Robert K Merton, nilai-nilai luhur tersebut berhenti sebagai sesuatu yang laten (terpendam) dan tidak manifes (nyata) yang mewujud dalam praktik hidup di dunia nyata. Bahasa umum menyebutnya sebagai split of personality, kepribadian yang terbelah dengan menampilkan perangai-perangai yang kontradiktif di dalam dirinya.

    Perilaku yang anomali ibarat dramaturgi, sesuatu yang semu laksana permainan sandiwara di panggung. Dalam dramaturgi, ujar Erving Goffman dalam Presentation of Self in Everyday Life (1959), seseorang akan menampilkan presentasi diri di depan pentas yang serba-termanipulasi, baik diri maupun segala aksesorinya, sehingga memuaskan penonton atau khalayak umum. Sementara, di belakang panggung, semua drama di pentas itu diatur dan dimanipulasi sedemikian rupa, yang tentu saja publik tidak mengetahui perangai yang sesungguhnya.

    Di "panggung" yang penuh dekorasi itulah tempat pentas sandiwara beragam perilaku aktor yang penuh topeng dipertunjukkan. Penampilannya di atas pentas tentu berbeda dengan yang sesungguhnya, seperti hadis Nabi tentang sang Muslim yang tampak saleh di luar tetapi perangainya buruk.

    Khalayak selalu mengagumi dan terpukau dengan penampilan para aktor dalam layar dramaturgi karena mereka tidak tahu persis apa yang sesungguhnya dilakukan para aktor itu dalam keseharian. Perangai buruk dan merusaknya sering diterima secara buta oleh pengikutnya karena mereka tidak mengetahui apa yang terjadi sesungguhnya, sehingga meski salah tetap dibela dalam balutan rabun kesadaran kolektif yang akut.

    Dalam ranah politik, dramaturgi menjadi pemandangan umum yang dianggap lazim. Para elite memainkan banyak peran kontroversial di khalayak publik. Pagi hari 1, siang hari 2, sore hari 7, malam hari 9, besok hari menjadi 456. Mereka mencari legitimasi seputar inkonsistensi sikap politiknya pada adagium “politik seni dari banyak kemungkinan” atau “politik itu dinamis”.

    Aktor politik terbiasa berdramaturgi, apa yang ada di lisan lain pula dalam tindakan (Bugis: sisala adanna na gawu'na). Politik pun tidak jarang menjadi keras dan sarat tipu muslihat, lain di depan lain di belakang. Politik lantas kehilangan nilai kejujuran, keterpercayaan, dan sikap kenegarawanan. Politisi yang baik dikalahkan oleh aktor-aktor kontroversial yang perkasa.

    Dramaturgi memasuki babak baru dalam dunia media sosial. Media daring saat ini menjadi arena dramaturgi paling heboh, dari ujaran sampai etalase aksi di layar maya. Perebutan kepentingan politik sampai tafsir keagamaan bertebaran masif sesuai selera masing-masing di dunia digital itu. Hoaks menjadi santapan sehari-hari tanpa daya kritis. Membeli kuota namun menghasilkan informasi yang hoax belaka (kebohongan yang disain).

    Erosi Kewarasan Publik 

    Kewarasan publik diporak-porandakan oleh logika-logika sumbu pendek yang menghasut, menekan, menghujat, serta menebar aura marah dan permusuhan yang berubah menjadi budaya baru bangsa ini. Sosok-sosok keras dan narsis menjadi idola baru di tengah kultur publik yang mengalami pembodohan masif. Kewarasan publik meleleh dan terjadi erosi public trust di mana-mana. 

    Sikap elite dan orientasi pandangan keagamaan mengalami politisasi yang tak terbendung di media sosial, sehingga pesan-pesan agama yang mengemuka makin kerdil dan menghilangkan sukma beragama yang mencerahkan. Produksi ujaran yang keras, sadis, jorok, dan tak patut secara moral menjadi menu sehari-hari di media daring dengan daya jelajah interaksi dan frekuensi yang melintasi nyaris tidak pernah berhenti hanya untuk satu detik pun.

    Akibatnya, ruang sosial masyarakat berubah drastis dari kultur paguyuban yang alamiah ke patembayatan yang paling instrumental dan sarat kepentingan material sekaligus transaksional. Manusia “zaman now” sepenuhnya menjadi—meminjam istilah Alvin Toffler (1970)—the modular man atau insan modular yang paling sempurna di jagat raya saat ini!

    Spritualisasi (Ihsan)

    Saya diingatkan kembali dengan satu makalah yang saya sampaikan dalam acara pengajian pada senin 9 Agustus 2021 yang dilaksanakan oleh civitas akademika IAIN Sorong, Papua Barat. Saya mengangkat tema: "Memaknai Pendidikan sebagai Proyek Moral, Intelektual, dan Spritual". Salah satu poin yang disorot adalah paradigma ilmu yang ada  seringkali mengabaikan aspek spritual. Sains dan teknologi berkembang namun kosong nilai-nilai spritual.

    Bagaimana agar beragama menampilkan konsistensi antara kata dan tindakan yang mencerahkan? Umar bin Khattab sangat dikenal keras, tegas, dan perkasa, baik sebagai pribadi maupun selaku amirul mukminin.

    Namun, dia pernah berpesan, “Janganlah engkau berprasangka terhadap perkataan yang keluar dari saudaramu yang mukmin kecuali dengan persangkaan yang baik. Dan hendaknya engkau selalu membawa perkataannya itu kepada prasangka-prasangka yang baik.”

    Umar yang gagah dan digdaya dalam karakter tokoh hebat, terbukti sebagai sosok moralis yang menjunjung tinggi kebajikan meski untuk suatu prasangka dalam hubungan antarinsan.

    Dalam berpolitik, Amirul Mukminin juga dikenal menjujung tinggi etika. Ketika anaknya yang memang hebat, yakni Abdullah bin Umar, masuk dalam enam anggota formatur untuk pemilihan khalifah sesudahnya, Umar mensyaratkan Abdullah dibolehkan memiliki hak pilih tetapi dilarang untuk dipilih sehingga tidak punya peluang sama sekali untuk menjadi khalifah.

    Umar jauh dari politik dinasti, sebagai bukti dari sikap etik dan kenegarawanan yang autentik. Islam bukan berhenti di lisan dan pengetahuan, tetapi benar-benar dipahami, dihayati, dan dipraktikkannya dalam tindakan berpolitik yang mencerdaskan dan mencerahkan.

    Jika ingin Islam itu mewujud dalam tindakan nyata serta mencerahkan diri dan lingkungannya, maka penting adanya proses spritualisasi ihsan dalam beragama. Islam tidak digelorakan dalam semarak ritual ibadah serbaverbal dan berhenti pada ranah syariat, tetapi mesti menghujam dalam kesadaran imani yang membuahkan kebajikan perilaku yang melampaui.

    Keislaman bukan berhenti dalam atribut pakaian serbaputih yang tampak disakralkan dari luar, ritual-ritual ibadah seremonial, kefasihan berdalil kitab suci, serta sederat formalitas syariat luar. Islam justru harus dijadikan model perilaku aktual yang serbabajik sebagaimana rujukan akhlak Nabi dan para sahabat mulia yang membuktikan kata sejalan tindakan. Itulah akhlak uswah hasanah.

    Rasulullah pernah ditanya tentang amalan yang paling banyak mengantarkan manusia masuk surga, beliau menjawab: “Taqwallahi wa husnul khuluq,” yakni bertakwa kepada Allah dan berakhlak yang mulia (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, Imam Ahmad, Ibnu Hibban, dan al-Hakim dari Abu Hurairah).

    Nabi akhir zaman bahkan memperingatkan dalam salah satu hadis yang artinya, “Orang yang paling dibenci Allah ialah yang bermusuh-musuhan dengan keji dan kejam.” (HR Bukhari). Betapa penting dan menentukan ajaran tentang akhlak mulia atau al-akhlaq al-karimah dalam Islam yang berwujud budi luhur dalam ujaran, sikap, dan perbuatan.

    Menghadapi dunia anomali, diperlukan model perilaku berbasis spritualisasi ihsan yang menanamkan perilaku aktual yang jujur, amanah, welas asih, konsisten, dan luhur budi di bumi nyata. Orientasi pandangan keagamaan penting digeser dari serbadogma ke tindakan nyata yang menyuburkan orientasi humanis. Istilah Hassan Hanafi, mengubah alam pikir keislaman dari serbalangit ke bumi.

    Orientasi tauhid pun niscaya dibumikan dari teosentrisme ke antroposentrisme agar tauhid—meminjam pandangan Asghar Ali Anginerr—berfungsi sebagai teologi yang membebaskan kehidupan. Bukan teologi di menara gading, yang tidak menyentuh bumi kemanusiaan, bahkan membiarkan anomali menjadi normal dalam baju kebesaran keagamaan yang angkuh tetapi lapuk laksana kasur tua!

     Penutup

    Akhlak merupakan bagian yang tak terpisahkan dari akidah (iman) dan ibadah serta akhlak. Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah mereka yang paling baik akhlaknya. Demikian Nabi Saw. menuturkan dalam salah satu hadisnya. Nabi Saw. pun diutus untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak. Akhlak dalam relasi spritual (hablun minallah), dan relasi sosial (hablun minannas), serta alam lingkungan (environmental ethics) menunjukkan bagian penting dari kualitas kesalehan seseorang. Dalam politik ada akhlak dan etika. Dalam semua relasi, ada etika dan akhlak yang sejatinya menjadi misi universal (rahmat semesta) atau disebut rahmatan lil 'alamain.

     Wallahu a'lam.